Pidato Sukarno

Sabtu, 29 Agustus 2009

Pada Hari ke 22 tepatnya tanggal 24 Mei 1962

Pada Hari ke 22 tepatnya tanggal 24 Mei 1962
Tanaman itu yaitu keladi, itu saya gunakan dengan teman-teman untuk makan. Karena tidak ada pasuka Indonesia yang mengirim makanan, karena tidak tau posisi dimana kan nggak tahu. Setelah kumpul 22 orang mengadakan gerilya menyerang pos Belanda, jam 7 malam. Korban dari teman kita tidak ada karena malam itu gelap, teman kita masih lengkap. 3x kontak senjata dengan Belanda.
Belanda dan polisi memasuki kebun rakyat, dan kita mengadakan perlawanan, teman kita masih utuh. Setiap 1 minggu mereka patroli ngontrol padi dan pisang. Kita mencegat itu. Tujuannya untuk mengadakan perlawanan karena jumlah seimbang. Faedahnya kita membagi makanan pokok agar kita bisa bertahan hidup.
Belanda se Indonesia berkumpul disana semua, gerilya siang kurang mampu maka malam hari. Jadi pasukan kita tak bisa mendarat melalui kapal contoh pelabuhan Kei Mena, setiap 50 meter kanon laut 1 buah sepanjang 24 km.
Disamping itu jarak kurang lebih 200 meter dipasangi ranjau, kalau kapal bisa masuk akan meledak. Sekarang mungkin ranjaunya masih, disemua pelabuhan yang sisa untuk mendarat kapal. Bulan Agustus gencatan senjata. Kondisi saya masih sehat, saya mengekspedisi ke hutan kembali sebanyak 10 orang. Diantaranya Kapten Idrus, Pritu Ngatman, Peltu Dirwan, Pratu Listiyono, yang ketemukan. Semuanya tinggal tulang, hanya diambil sebagian tulang saja yang ada tanda namanya. Hanya sepotong tulang kecil saja belum diberi nama. Susah bawanya lewat jurang lainnya dikubur di tempat diketemukan. Sampai sekarang tak tahu diambil atau belum itu sekitar 12 hari.
Karena teman-teman kurus-kurus, dipanggil pulang ke Jakarta, tak bisa pulang / belum bisa memenuhi, disana untuk memulihkan kondisi badan dulu, karena pada saat itu kami semua kelihatan seperti jerangkong artinya tinggal kulit pembalut tulang. Tahun 1963 baru bisa ke Jakarta.(Dikisahkan sendiri oleh Suwaldi ditulis oleh Sudarmanto).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar